SECURITY STUDIES UPDATE

Dari Redaksi #3

Posted in Words from Editorial Board by securitystudiesupdate on June 30, 2009

Tema edisi ketiga pada bulan Juli 2009 ini adalah pertahanan negara, dengan memfokuskan pada dua isu utama yang sempat mencuri perhatian publik di tengah ramainya persiapan menjelang Pilpres 2009, yaitu persoalan anggaran pertahanan negara dan keamanan perbatasan. Untuk itu, SSU menampilkan dua artikel, yakni Tata Kelola Anggaran Pertahanan oleh Muhamad Haripin dan Rekonseptualisasi Keamanan Perbatasan di Indonesia oleh Aditya Batara Gunawan.

Tulisan pertama membahas langkah-langkah apa saja yang sebaiknya dilakukan seiring kenaikan anggaran pertahanan. Penulis mengajukan empat poin, yaitu mengatasi masalah kebocoran anggaran pertahanan (inefisiensi, korupsi, dll); reorientasi prioritas terhadap Angkatan Laut dan Angkatan Udara; tranformasi arms disposal menuju arms build-up, dan ; peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Langkah lanjutan ini penting dilakukan guna memaksimalkan pemanfaatan anggaran pertahanan sehingga turut meningkatkan kapabilitas militer TNI.

Tulisan kedua mengambil momentum panasnya situasi di perairan Ambalat beberapa waktu lalu yang diakibatkan oleh pelanggaran wilayah batas perairan oleh kapal perang negara tetangga. Kasus pelanggaran perairan Ambalat tersebut kemudian mencuat ditengah hiruk-pikuk menjelang penyelenggaraan Pilpres 2009 dan melahirkan banyak argumentasi. Sayangnya, perdebatan yang muncul dalam isu tersebut kemudian direduksi hanya sebatas permasalahan pertahanan dan diplomasi bilateral. Parahnya lagi, persoalan sengketa perbatasan Indonesia-Malaysia kemudian mengundang reaksi emosional dari beberapa organisasi masyarakat –bahkan para angota DPR- yang menyatakan siap berkonfrontasi dengan negara tetangga bila diperlukan. Tentunya permasalahan ini harus ditanggapi dengan cerdas agar masalah keamanan di perbatasan tidak disimpulkan secara terburu-buru sebagai masalah pertahanan dan kedaulatan dan bertendensi mengaburkan kompleksitas masalah keamanan di perbatasan. Untuk itu, analisis akan difokuskan pada eksplorasi perkembangan konsep keamanan dalam studi keamanan (security studies) dan mencoba mengaplikasikannya dalam konteks perbatasan Indonesia saat ini dengan tujuan memberikan perspektif lain dalam menganalisa masalah keamanan di perbatasan.

Akhir kata, selamat membaca, semoga apa yang kami hadirkan dalam SSU edisi ketiga ini bisa memberikan pencerahan bagi pengetahuan kita semua. Kami tunggu tanggapan anda.

Salam hangat,

Redaksi SSU

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Sony Djuhansyah said, on July 3, 2009 at 11:40 am

    Tolong diulas juga secara rinci peranan diplomasi dan intelejen dalam strategi pertahanan & keamanan secara komperhensif.
    Dalam aspek hankam peranan diplomasi dan intelejen memegang peranan yang sangat signifikan dalam menentukan strategi & kebijakan hankam turunannya yang bersifat kasat mata seperti strategi alutista dan budgeting AB.

  2. securitystudiesupdate said, on July 4, 2009 at 11:59 am

    terima kasih atas sarannya🙂
    kedua tema yang Anda usulkan, yaitu diplomasi dan intelijen, sedang kami bahas di rapat redaksi.

    salam hangat,
    redaksi SSU.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: